WORKSHOP OPTIMALISASI PEMANFAATAN MENU-MENU DALAM OTOMASI SIMPUS UII

SIMPUS UII (Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Universitas Islam Indonesia)  dibangun di Perpustakaan UII sejak tahun 2002. Usia yang sudah cukup lama untuk sebuah sistem informasi. Sistem informasi perpustakaan ini sangat membantu tugas-tugas pustakawan  jika dimanfaatkan dengan optimal. Akan tetapi terkadang belum semua pustakawan atau pegawai perpustakaan mampu memanfaatkan sistem informasi tersebut dengan optimal. Hal ini dikarenakan karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman petugas dalam mengoperasikan sistem informasi tersebut. Padahal banyak fasilitas atau  menu-menu di sistem otomasi SIMPUS  UII yang bisa dimanfaatkan pustakawan dan pegawai perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan pemustaka maupun institusi dalam penyediaan data, penelusuran informasi, penyebaran informasi atau kebutuhan yang lainnya.

Dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan menu-menu dalam otomasi SIMPUS UII, maka diselenggarakan “Workshop Optimalisasi Pemanfaatan Menu-Menu dalam Otomasi Simpus”.  Penyelenggaraan workshop ini dilatarbelakangi karena masih banyak pustakawan dan pegawai perpustakaan yang belum memanfaatkan dengan  optimal menu-menu pada Program SIMPUS UII,  perlunya pengenalan SIMPUS UII kepada pegawai baru, perlunya penyebaran tacit knowledge dan pengalaman dari pegawai yang akan purna tugas ke pegawai yang masih aktif dan perlunya pustakawan memanfaatkan data di SIMPUS UII sebagai bukti fisik untuk pengajuan DUPAK (Daftar Usulan Pengajuan Angka Kredit) Pustakawan.

Melalui workshop ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan pemahaman tentang pemanfaatan menu-menu pada Program SIMPUS dengan optimal, mengenalkan Program SIMPUS UII kepada pegawai baru, mempersiapkan pengetahuan, wawasan dan pengalaman kepada generasi penerus dan membantu pustakawan UII dalam menyiapkan bukti fisik untuk pengajuan DUPAK.

Workshop  Optimalisasi Pemanfaatan Menu-menu dalam Otomasi SIMPUS (Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan ) UII diselenggarakan pada Selasa, 11 Februari 2020 di Ruang Audio Visual Lantai 2 Direktorat Perpustakaan UII Yogyakarta diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang pustakawan dan pegawai perpustakaan di lingkungan Universitas Islam Indonesia.

Adapun 2 (dua) pemateri workshop kali ini berasal dari pegawai dan pustakawan Direktorat Perpustakaan UII yaitu Wahid Hudaya, S.I.Pust, dengan tema “ Panduan Pengoperasian Sirkulasi dan Entry Data pada SIMPUS serta Kiat Praktis Mengedit dan Mengisi Menu-Menu pada Program SIMPUS” dan Muhammad Jamil, SIP dengan tema “ Optimalisasi Menu dan Fitur untuk Memanfaatkan Fasilitas pada SIMPUS.”

Dalam sesi  tanya jawab dibahas tentang perlunya pengembangan sistem otomasi SIMPUS UII untuk memenuhi tuntutan kebutuhan yang semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Akan tetapi karena di UII masih banyak kebutuhan pengembangan sistem, sehingga perpustakaan dalam hal ini SIMPUS UII harus menunggu giliran ditangani oleh BSI (Badan Sistem Informasi) UII yang berwewenang menangani dan mengembangkan teknologi informasi UII. Selain itu juga perlu adanya kesepakatan dari pustakawan dan pegawai perpustakaan untuk merevisi fasilitas menu dan fitur yang ada di Program SIMPUS UII agar sesuai dengan kebutuhan seperti fasilitas export, jenis koleksi, dan lain-lain.

Semoga dengan workshop ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan pustakawan dan pegawai perpustakaan UII, untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pemustaka Perpustakaan UII. (Penulis Berita: Suharti/Pustakawan UII)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *