Layanan di Direktorat Perpustakaan UII menggunakan sistem terbuka (open access). Ini memberikan kebebasan kepada pemustaka dalam mencari dan mengambil koleksi yang diinginkan secara langsung ke rak koleksi.

JAM LAYANAN

1 Senin – Kamis 08.00 – 22.00 WIB
2 Jum’at

Istirahat

08.00 – 22.00 WIB

11.00 – 13.00 WIB

3 Sabtu 08.00 – 16.00 WIB

KEANGGOTAAN PERPUSTAKAAN

  • Mahasiswa aktif UII, Dosen dan pegawai sudah otomatis menjadi anggota perpustakaan
  • Pengunjung perpustakaan dari luar UII, layanan kunjungan ke perpustakaan dapat diperoleh dengan mendaftarkan diri di bagian Check in presensi di pintu masuk perpustakaan dan dikenakan biaya administrasi sesuai ketentuan.

LAYANAN SIRKULASI

Akses koleksi menggunakan sistem pelayanan terbuka (Open Access). Dengan sistem ini pemustaka dapat mencari dan mengambil koleksi yang diinginkan secara langsung ke rak koleksi. Selanjutnya pemustaka dapat melakukan peminjaman buku. Layanan ini menggunakan Sistem Informasi  Manajemen Perpustakaan (SIMPus) dilakukan dilantai LG dan lantai UG Gedung Perpustakaan. Peminjaman dapat dilakukan pemustaka. Mahasiswa aktif dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa UII dapat melakukan peminjaman sebanyak 7 eksemplar buku selama 15 hari. Dosen dan karyawan dengan menunjukkan Kartu Tanda Pegawai dapat melakukan peminjaman sebanyak 7 eksemplar buku selama 3 bulan. Peminjaman dapat diperpanjang satu kali lagi dan setelahnya dilakukan proses pengembalian buku.

Layanan Sirkulasi didukung oleh Self Check sebagai sarana peminjaman koleksi secara mandiri, dan Book Drop sebagai sarana pengembalian koleksi secara mandiri. Anggota perpustakaan dapat melakukan peminjaman secara mandiri melalui komputer yang sudah tersedia. Untuk pencarian koleksi dapat mempergunakan katalog online atau Online Public Access Catalog (OPAC). Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Sirkulasi, Perpustakaan Universitas Islam Indonesia
Telp./Faks. (0274) 898444 ext 2315
E-mail: [email protected]

LAYANAN BEBAS PUSTAKA

  • Dilayani di I-Library Lantai Lower Ground (LG) sayap utara
  • Mahasiswa S1 yang membutuhkan surat keterangan bebas pustaka, diwajibkan mengupload file lengkap (beserta lampiran) Tugas Akhir (TA)/ Skripsi yang sudah disahkan oleh dekan,   pembimbing dan penguji, serta terdapat halaman pernyataan karya tugas akhir.
  • Untuk Mahasiswa S2 dan S3 yang membutuhkan surat keterangan bebas pustaka, selain diwajibkan mengupload file lengkap (beserta lampiran) Tugas Akhir (TA), juga diwajibkan menyerahkan 1 eksemplar hardcopy  Tugas Akhir (TA) yang sudah disahkan oleh dekan,   pembimbing dan penguji, serta terdapat halaman pernyataan karya tugas akhir.
  • Petunjuk upload Tugas Akhir silahkan dibaca pada link berikut => Petunjuk Upload Tugas Akhir
  • Untuk mengupload file tugas akhir, mahasiswa harus menggunakan jaringan internet UII dan mengakses halaman sistem upload mandiri Perpustakaan UII pada link berikut  =>  Digital Library.
  • Upload file Tugas Akhir juga dapat dilakukan langsung di Direktorat Perpustakaan UII pada jam kerja.

Sebagai persyaratan Wisuda, mahasiwa/i diwajibkan untuk menyerahkan buku sumbangan dengan kriteria sebagai berikut:

  • Buku dengan kriteria sebagai berikut: Buku untuk anak-anak, buku ilmu terapan di masyarakat, dan buku agama.
  • Buku terbitan 3 (tiga) tahun terakhir.
  • Buku belum dimiliki Perpustakaan atau sudah dimiliki tetapi masih sedikit (dapat dilihat di OPAC/ Katalog Online (http://simpus.uii.ac.id/search/) atau bisa menanyakan kepada petugas perpustakaan)
  • Harga buku minimal seharga Rp. 50.000,- (dilampirkan kwitansi bukti pembelian).