Studi Banding Kepala Divisi dan Staf UPT Perpustakaan Daerah Magelang Jawa Tengah ke Direktorat Perpustakaan UII

Rombongan Kepala dan Staf Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Daerah Magelang Jawa Tengah melaksanakan studi banding ke Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (DP UII) pada Selasa, 9 Oktober 2018 kurang lebih pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB. Peserta 6 (enam) orang pustakawan dari seluruh perpustakaan Daerah Magelang Jawa Tengah yang dipimpin oleh Kepala Divisi Perpustakaan Ibu Endang, SIP.

Rombongan diterima oleh Joko Sugeng Prianto, SIP., M.Hum. selaku Direktur Perpustakaan dan didampingi oleh para Kepala Divisi Direktorat Perpustakaan di ruang sidang lantai II DP UII. Rangkaian acara diawali sambutan dari Direktur Perpustakaan dan sambutan dari Kepala Divisi Perpustakaan Daerah Magelang Jawa Tengah yang menyampaikan maksud dan tujuan studi banding, yaitu ingin mengetahui tentang Pelestarian  (preservation) bahan pustaka DP UII dan juga ingin melihat kondisi riil di lapangan pada bagian-bagian pelayanan pemakai, tata ruang koleksi, manajemen koleksi, sarana prasarana perpustakaan dan pelayanan teknis (melihat sarana prasarana Fumigasi).

Usainya sambutan dilakukan pemutaran film profil Direktorat Perpustakaan UII, dilanjutkan dengan presentasi perkembangan perpustakaan oleh Direktur Perpustakaan kaitannya dengan perkembangan perpustakaan, misal e-jurnal yang dilanggan, perpustakaan sebagai Penerbit/MKC, iThenticate kaitannya plagiarism ceker, Science Direct & Mendeley, Jurnal Nasional terakreditasi, jurnal internasional, e-book yang bisa diakses secara gratis. Materi presentasi berkaitan pertanyaan kebijakan pelestarian bahan pustaka misal, dengan anggaran, waktu pelaksanaan, jenis kegiatan bahan pustaka preventif, penanganan sarana prasarana pelestarian bahan pustaka secara umum dan khusus. Dan personil/ SDM yang melaksanakan pelestarian bahan pustaka. Untuk memotivasi rekan-rekan dari UPT Perpustakaan Daerah Megelang Jawa Tengah kaitannya dengan fumigasi. Selesai presentasi dilanjutkan dengan diskusi dan melakukan pertanyaan melalui email berkaitan dengan Pelestarian Bahan Pustaka oleh kedua belah pihak di DP UII dan UPT. Perpustakaan Daerah Magelang Jawa Tengah.

Acara diakhiri dengan mengunjungi unit-unit di DP UII, yaitu di Divisi Pelayanan Teknis dan bagian terkait, Divisi Pelayanan Pemakai, serta mengunjungi Museum dan Candi Kimpulan di Direktorat Perpustakaan, Gedung Moh. Hatta dan Museum,  Kampus UII, jalan Kaliurang Km 14.5, Sleman Yogyakarta. (Bambang Hermawan/ Pustakawan UII).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *