LITERASI INFORMASI BAGI MAHASISWA BARU TA. 2018/2019 UII

Pada saat ini, perkembangan informasi dalam bentuk cetak maupun elektronik semakin pesat. Oleh karena itu untuk memanfaatkannya dengan optimal diperlukan cara/metode yang baik dan terstruktur terutama bagi pemustaka pemula. Karena tidak semua pemustaka telah memiliki kemampuan cara menelusur dan menemukan sumber informasi di Perpustakaan secara mudah, cepat dan akurat.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (DP UII) mengadakan kegiatan literasi informasi bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019 Universitas Islam Indoensia. Kegiatan literasi informasi tersebut adalah  merupakan kegiatan tahunan yang telah diprogramkan secara rutin dalam Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) di DP UII setiap memasuki tahun ajaran baru.

Untuk melaksanakan kegiatan literasi informasi, DP UII bekerja sama dengan Program Studi yang ada di lingkungan Universitas Islam Indonesia. Kegiatan literasi informasi dilaksanakan dalam acara Studium General pada masing-masing program studi. Kegiatan literasi tahun ini dilaksanakan dari tanggal 13 Agustus s.d 22 September 2018 yang diikuti mahasiswa baru yang berjumlah 5.364 peserta.

Menurut Kepala Divisi Pelayanan Pemakai Ismanto sekaligus sebagai Ketua Pelaksana bahwa literasi informasi pada tahun ini mengalami perubahan yang signifikan. Kalau dahulu satu prodi satu ruangan sekarang prodi yang mahasiswanya banyak dibagi menjadi beberapa kelas. Hal ini menyebabkan butuh pemateri yang melebihi jumlah yang sudah kita rencanakan.

Kegiatan Literasi Informasi ini bertujuan untuk membantu dan membimbing mahasiswa atau pemustaka dalam mencari maupun menelusur koleksi sebagai sumber-sumber informasi yang ada di DP UII sesuai yang dibutuhkan  dan memperkenalkan fasilitas atau sarana prasarana yang ada di DP UII. Disamping itu juga sebagai kegiatan promosi DP UII. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa baru tentang cara-cara penelusuran sumber-summber informasi yang ada di DP UII. (Winarno Budi Setyawan – Pustakawan UII)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *