SD BINA ANAK SHOLEH KUNJUNGI PERPUSTAKAAN, MUSEUM DAN CANDI KIMPULAN

Pada hari Rabu, 26 September 2018 Sekolah Dasar (SD) Bina Anak Sholeh mengunjungi Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (DP UII), Museum dan Candi Kimpulan. Rombongan berjumlah 51 siswa dan di pandu oleh 3 (tiga) Guru itu disambut oleh Kepala Divisi Pelayanan Pemakai, Bapak Ismanto dan pemandu Museum dan Candi Kimpulan Savidiawati vity educator dari Dinas Kebudayaan.

Dalam sambutannya Kepala Divisi Pelayanan Pemakai menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan dari SD Bina Anak Sholeh untuk berkunjung ke DP UII. Beliau  menyatakan  bahwa sebenarnya DP UII terbuka untuk siapa saja karena salah satu fungsi  perpustakaan adalah sebagai rekreasi pendidikan disamping untuk mengelola segala informasi yang terkait dengan pembelajaran bagi masyarakat khususnya bagi sivitas akademika UII. Perpustakaan sekarang dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan pemustaka yang semakin kompleks. Kebetulan di DP UII ada ditemukan situs Candi dan dilengkapi Museum UII. Sebagai kekayaan UII sampai saat ini pengelolaan museum dan candi bekerjasama antara Badan Wakaf UII dengan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta.

Ari Artanti, S.Pd selaku ketua rombongan menjabat sebagai Kepala Sekolah SD Bina Anak Sholeh merasa sangat bangga dapat berkunjung ke DP, museum dan candi Kimpulan  UII sebagai  salah satu universitas swasta yang tertua di Indonesia yang mempunyai museum dan situs Candi Kimpulan sebagai sejarah dan budaya bagi generasi muda yang akan datang khususnya bagi anak SD Bina anak sholeh sebagai media dan sumber belajar sejarah. Maksud dan tujuan kunjungan ke Direktorat Perpustakaan UII adalah untuk memperkenalkan kepada anak-anak terkait dengan keberadaan Direktorat Perpustakaan UII musem dan candi Kimpulan dan  tata kelola dan sistem layanan perpustakaan,

Selesai acara foto-foto di Museum dan Candi Kimpulan rombongan diajak tour  ke  ruang pelayanan pemakai di lantai 1 dan UG,  ruang I-Library, ruang E-Library, Peserta rombongan  anak-anak SD Bina Anak Sholeh merasa kagum dan senang  bisa berkunjung ke Direktorat Perpustakaan UII. Melihat  koleksi khususnya buku yang banyak ada salah satu siswa merasa heran, “ La kok sekolahanku tidak seperti ini bukunya banyak”  celetuknya (Tatik Herawati, Pustakawan UII).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *