Pohon Tumbang Menimpa Gedung Perpustakaan

Hujan disertai angin kencang yang mengguyur lingkungan kampus terpadu UII menyebabkan sebuah pohon di sisi barat laut Gedung Mohammad Hatta, Perpustakaan dan Museum (Direktorat Perpustakaan) tumbang. Tumbangnya pohon tersebut mengakibatkan kaca jendela di beberapa lantai pecah, mulai dari lantai LG sampai dengan lantai 2 (4 lantai). Kejadian ini sempat mengagetkan pengunjung perpustakaan yang sedang belajar dalam gedung. Beruntung, kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa maupun luka. 
Robohnya pohon dengan diameter sekitar 40 sentimeter setinggi 20 meter terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, Sabtu (14/2). Diduga pohon tersebut tumbang karena pangkal pohon sudah mengalami kelapukan sehingga pohon tidak mampu menahan  angin kencang dan hujan deras yang terjadi.
Salah seorang petugas perpustakaan yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan tumbangnya pohon terjadi pada saat hujan diserta angin kencang, kira-kira pukul 15.30 WIB, tiba-tiba Ia dikagetkan oleh bunyi benturan keras. Bebarapa orang segera mendekati area kejadian dan melihat banyak serpihan kaca pecah di lantai dalam gedung, sementara beberapa dahan dan ranting pohon menimpa dan tertahan pada sudut gedung.
Untuk menghindari akibat yang lebih jauh, secepatnya petugas perpustakaan dan kebersihan membersihkan serpihan kaca, menyingkirkan dahan dan ranting yang tertahan digedung. Juga segera menutupi jendela yang kacanya pecah dengan material seng bekas agar air hujan tidak masuk dalam gedung demi alasan keamanan dan menghindarkan koleksi (buku) perpustakaan terkena air hujan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *