PELATIHAN CAPACITY BUILDING AND STAFF PERFORMANCE UNTUK PUSTAKAWAN DAN TENDIK PERPUSTAKAAN UII

“Belajar dan berlatih dari lahir sampai ke liang lahat” ungkapan tersebut cocok bagi Pustakawan dan tenaga kependidikan (tendik) Universitas Islam Indonesia (UII) yang memiliki motivasi yang tinggi untuk terus belajar dan belatih menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman baru. Untuk mengakomodir keinginan Pustakawan dan tendik Perpustakaan tersebut Direktorat Perpustakaan UII memfasilitasi penyelenggaraan Pelatihan Capacity Building and Staff Performance untuk Pustakawan dan Tendik Perpustakaan UII pada Sabtu, 21 Desember 2019 di Ruang Audio Visual lantai II Gedung Moh. Hatta Direktorat Perpustakaan UII.

Pelatihan ini mengundang narasumber tunggal Bapak Agus Priyadi, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Beliau adalah alumni Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (1997-2002) dan mengambil S2 Magister Profesi Psikologi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (2005-2008). Agus Priyadi pernah menjadi dosen di UII Yogyakarta pada tahun 2009 s.d. 2010 dan menjadi staf pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya tahun 2010 sampai sekarang. Agus Priyadi selain seorang dosen beliau juga seorang trainer dan konsultan memimpin kantor Sinergi97 Consulting dengan posisi sebagai Direktur.

Pelatihan Capacity Building and Staff Performance dibagi menjadi 4 (empat) sesi yaitu sesi I Knowing Yourself; sesi II Be Visionary People; sesi III Be a Good Contributor; dan sesi IV Sinergi Prima. Dalam praktek materi disampaikan mengalir saja, sehingga batas sesi tidak kentara dan pelatihan dikemas dengan diselingi game-game yang menarik peserta untuk aktif mengikuti sampai sesi terakhir. Pelatihan ini diikuti 39 peserta dari 51 undangan yang dikirim ke Pustakawan dan tendik Perpustakaan seluruh UII. Ada 12 Pustakawan dan tendik Perpustakaan yang tidak dapat hadir karena bersamaan dengan acara di fakultas masing-masing.

Tujuan pelatihan ini seperti disampaikan Direktur dalam sambutannya yaitu “untuk meningkatkan kinerja staf, meningkatkan pelayanan prima, meningkatkan jiwa kepemimpinan, meningkatkan professionalisme staf, dan sebagainya. Semua hal-hal yang baik perlu dipertahankan dan ditingkatkan untuk menggapai ridlo Alloh.”

Lebih lanjut Direktur menyampaikan “semoga setelah pelatihan ini akan meningkat semangat kerja dan semakin disiplin dalam bekerja datang dan pulang sesuai aturan kantor, namun bukan “batalyon 804” datang presensi jam 8 pagi, dan bekerja dengan hasil kerja rendah atau nilai 0, serta pulang jam 4 sore, harapannya produktivitas dan hasil kerja dapat meningkat lebih baik lagi.” Pelatihan sesuai agenda acara dimulai 07.30 registrasi peserta dilanjutkan dengan rangkaian acara dan pelatihan sampai dengan kurang lebih pukul 16.00 WIB, waktu molor beberapa menit dari yang dijadwalkan selesai pukul 15.45 WIB. (Penulis berita: Joko Sugeng Prianto/ Pustakawan UII)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *