PAMERAN BUKU DAN BAZAR DI DIREKTORAT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (DP UII) sebagai unsur penunjang mempunyai peranan dalam penyediaan informasi bagi sivitas akademika UII. Pengadaan koleksi di DP UII telah dilakukan secara rutin dan terus menerus, akan tetapi belum bisa memenuhi semua kebutuhan informasi bagi pemustakanya. Oleh karena itu untuk menarik minat pemustaka berkunjung ke DP UII dan untuk menyediakan buku-buku terbaru yang belum dimiliki oleh DP UII, maka diadakan “Pameran Buku dan Bazar”.

Tujuan diselenggarakannya Pameran Buku dan Bazar ini adalah untuk meningkatkan kunjungan ke Direktorat Perpustakaan UII,  meningkatkan minat baca mahasiswa, sarana literasi informasi dan menjalin kerjasama dengan penerbit dan agen buku dalam penyediaan buku-buku baru.

Pameran Buku dan Bazar tahun 2019 dilaksanakan selama 5 (lima) hari,  Senin – Jum’at / 16 – 20 Desember 2019 di Selasar Lantai LG Gedung Moh. Hatta Perpustakaan dan Museum Universitas Islam Indonesia. Selain dilaksanakan di tempat yang strategis dan mudah dijangkau, panitia juga melakukan beberapa media promosi agar pameran ini meriah dan banyak pengunjungnya. Promosi yang dilakukan panitia diantaranya pemasangan spanduk, banner, penyerbaran leaflet, melalui videotron, surat paper, juga memanfaatkan media internet seperti mengirim surat ke email dan dan upload informasi ke media sosial.

Pameran Buku dan Bazar kali ini diikuti oleh 14 stand, terdiri dari 11 (sebelas) stand penerbit/agen/toko buku dan 3 tiga stand kuliner dan budaya nusantara. Pengunjung yang hadir di pameran buku dan bazar, sebagian besar adalah sivitas akademika UII yakni dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan.

 Panitia telah berusaha semaksimal mungkin melakukan promosi, dengan berbagai macam media tersebut di atas, akan tetapi animo pengunjung pameran masih kurang menggembirakan. Untuk menarik minat peserta pameran, DP UII telah menyediakan sebagian anggaran pengadaan buku untuk membeli buku-buku yang relevan dan dibutuhkan oleh sivitas akademika UII. Pengunjung dari kalangan sivitas akademika UII dan  dapat mengusulkan pengadaan/ pembelian buku-buku dengan mengisi formulir usulan yang disediakan panitia di setiap stand. ( Penulis berita Suharti AD/ Pustakawan UII)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *