“KIDS CORNER” PENGEMBANGAN LAYANAN DI DIREKTORAT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (DP UII)  sebagai unit penyedia informasi bagi civitas akademika UII khususnya dan masyarakat pada umumnya, terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mengembangkan jenis layanan bagi pemustaka. Pengembangan jenis layanan yang dilakukan pada akhir tahun 2019 ini adalah penyediaan fasilitas untuk anak yaitu Kids Corner.

Kids Corner merupakan pengembangan fasilitas layanan yang diberikan DP UII untuk menyediakan wahana khusus bagi pemustaka anak-anak. Hal ini dilakukan karena seringnya Direktorat Perpustakaan sebagai tempat tujuan berkunjung dari Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak.(TK) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu juga untuk menyediakan tempat bagi pemustaka yang mengajak putra-putrinya ke DP UII.

Tujuan diadakannya Kids Corner adalah untuk memberikan fasilitas dan layanan bagi pemustaka atau pengunjung yang masih anak-anak, menanamkan budaya membaca sejak dini dan cinta perpustakan serta untuk melaksanakan program kerja RKAT 2019.

Agar mudah dijangkau, maka lokasi Kids Corner ditempatkan di Lantai Lower Ground (LG) dekat pintu masuk sebelah Utara Direktorat Perpustakaan UII. Pemustaka yang masuk dari pintu sebelah utara dapat langsung melihat Kids Corner tersebut.

Untuk melengkapi kebutuhan sarana prasarana, maka di Kids Corner disediakan tempat baca lesehan di karpet, meja kayu kecil untuk anak-anak sebanyak 4 (empat) buah, kursi kayu kecil untuk anak-anak sebanyak 14 (empat belas) buah, rak dua muka untuk menyimpan koleksi 2 (dua) buah, meja dan kursi untuk penelusuran 1 (satu) buah dan komputer Anjungan sebanyak 1 (satu) buah.

Sedangkan koleksi yang disediakan di Kids Corner adalah buku Anak berupa buku cetak maupun elektronik (ebook) dengan berbagai macam subyek: Nabi-nabi, binatang, dongeng, mengenal huruf dan angka, dan lain-lain. Jumlah koleksi buku elektronik ada 211 judul dan  buku cetak ada 494 judul 698 eksemplar. Untuk mempermudah temu kembali informasi, buku diolah menggunakan Sistem Klasifikasi menggunakan Sistem Klasifikasi DDC (Dewey Decimal Clasification) dari Kelas 000 – 900.

Sistem Layanan Pelayanan di Kids Corner menggunakan Sistem Terbuka, yakni pemustaka bebas menggambil sendiri buku yang akan dibacanya. Namun koleksi yang disediakan hanya “DIBACA DI TEMPAT” tidak boleh dibawa pulang karena masih terbatasnya jumlah koleksi.

Semoga dengan adanya Kids Corner akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pemustaka untuk berkunjung ke DP UII dan dapat menumbuhkan minat baca sejak dini bagi anak-anak. Selamat buat Direktorat Perpustakaan, teruslah BERINOVASI TIADA HENTI!!! (Penulis berita Suharti AD/ Pustakawan UII)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *