PENERBIT UII MENGIRIM KARYA DEPOSIT KE PERPUSTAKAAN NASIONAL RI DAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Penerbit Universitas Islam Indonesia yang dikelola oleh Direktorat Perpustakaan UII secara rutin/ berkala mengirim karya deposit ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPAD DIY). Pada Desember 2019, pengiriman deposit tersebut sudah sampai pada tahap ke 12 (dua belas). Pengiriman buku deposit berupa buku-buku karya dosen UII yang diterbitkan oleh Penerbit UII. Maksud dan tujuan pengiriman buku deposit agar isi pengetahuan di dalam buku-buku tersebut dapat bermanfaat optimal bagi kemajuan bangsa Indonesia dan untuk melaksanakan amanat Undang-undang Republik Indonesia nomor 13 tahun 2018 tentang serah simpan karya cetak dan karya rekam, Bab II Penyerahan karya cetak dan karya rekam Pasal 4 bahwa 1) Setiap Penerbit wajib menyerahkan 2 (dua) eksemplar dari setiap judul Karya cetak kepada perpustakaan Nasional dan 1 (satu) eksemplar kepada perpustakaan Provinsi tempat domisili Penerbit.

Penerbit Universitas Islam Indonesia merupakan bentuk dari perkembangan pelayanan di Direktorat Perpustakaan UII. Direktorat Perpustakaan UII ingin mewujudkan pelayanan prima bagi pemustakanya. Tujuan dibentuknya Penerbit Universitas Islam Indonesia adalah untuk membantu sivitas akademika UII yang ingin menerbitkan buku untuk kepentingan pembelajaran di UII. Penerbit UII merupakan penerbit yang non profit dimaksudkan untuk mencetak buku-buku yang diterbitkan terbatas untuk kepentingan pengiriman karya deposit dan untuk keperluan dosen mengajar mahasiswa di kelas disamping menggunakan referensi lain yang banyak disediakan di Perpustakaan UII seperti koleksi digital ejournal, ebook, eTA dan koleksi cetak yang banyak disediakan untuk sivitas akademika UII.

Harapannya dengan fasilitas dan kemudahan menerbitkan buku ini dapat memotivasi dosen khususnya dan sivitas akademika UII umumnya agar rajin menulis dan menerbitkan buku. Fasilitas dan kemudahan yang diberikan  yaitu proses layout, pengurusan ISBN dan eISBN buku sampai proses cetak buku hingga buku terbit dan siap dimanfaatkan serta didistribusikan dilakukan oleh Direktorat Perpustakaan UII. Bahkan semua ongkos penerbitan buku tersebut dianggarkan dalam RKAT (Rencana Kerja Anggaran Tahunan) Direktorat Perpustakaan UII. Satu lagi fasilitas yang diberikan terkait dengan buku-buku yang diterbitkan tersebut yaitu pengurusan sertifikat hak cipta buku yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum  dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia juga dibiayai dari anggaran Direktorat Perpustakaan UII. (Penulis berita: Joko Sugeng Prianto/ Pustakawan UII).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *