Seminar Nasional “Menuju Perpustakaan sebagai Knowledge Enterprise”

Perpustakaan dalam rangka membangun paradigma baru para pustakawan, dan para pengambil kebijakan di Perguruan Tinggi, para pemerhati perpustakaan agar beranjak menjadi pemustaka, Pustakawan dan perpustakaan yang mutakhir, mengikuti perkembangan jaman dan kebutuhan informasi stakeholder. Direkrorat Perpustakaan mengundang seluruh pustakawan dari sabang sampai meraoke untuk mengikuti acara Seminar Nasional “Menuju Perpustakaan sebagai Knowledge Entreprise”  dengan harapan seluruh pustakawan Faham dan mengerti langkah-langkah yang harus disiapkan perpustakaan untuk bisa memberikan bukti bahwa perpustakaan bukan lagi tempat orang buangan tapi harus bisa membuktikan bahwa Perpustakaan sebagai jantungnya Perguruan Tinggi.
Kegiatan Seminar Nasional bertujuan: 1. Memberikan pemahaman dan stimulus kepada pemustaka, pustakawan dan pengambil kebijakan di perguruan tinggi, 2. Memberikan wawasan ke seluruh peserta seminar bahwa sudah saatnya merombak mindset perpustakaan dari konvensional ke mindset yang berwawasan dan berkompeten, 3. Memberikan bukti bahwa perpustakaan sebagai jantungnya Perguruan Tinggi kepada lembaga induknya. Perserta berjumlah 65 pustakawan, Rektor Universitas Islam Indonesia hadir sekaligus membuka acara Seminar Nasional, Wakil Rektor I, Pengelola Jurnal seluruh UII, utusan pustakawan dari berbagai Fakultas di lingkungan UII. Hadir pula tamu kehormatan Kepala Baperpusda DIY, Ketua IPI, juga tamu kehormatan bapak Lasa HS, dan Purwono keduanya adalah pustakawan senior, konsultan sekaligus tim penilai angka kredit pustakawan UII.
Tempat seminar di gedung Mohammad Hatta, Perpustakaan dan Museum Universitas Islam Indonesia, Kampus Terpadu Jalan kaliurang Km. 14,5 Sleman,Yogyakarta. Sebagai Narasumber: 1. Dra. Sri Sumekar, M.Si (Keynote Speaker) Kepala Pusat Preservasi Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI., 2. Dr.-Ing.Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI (Wakil Rektor I Universitas Islam Indonesia), 3. Drs. Ida Fajar Prianto, MA., Ph.D (Dosen/ Pustakawan Universitas Gadjah Mada), 4. Dra. Lily Suarny, MM., Lembaga Sertifikasi Profesi [LSP] Pustakawan PERPUSNAS RI. Sebagai moderator: 1. Ali Minanto, S.Sos., MA., 2. Suharti AD, SIP.
Pelaksanaan Seminar Nasional di mulai dengan persiapan awal oleh tim yaitu regrestrasi perserta, dilanjutkan dengan acara inti Seminar Nasional , setiap pemateri di beri waktu untuk diskusi/ Tanya jawab dan di akhiri dengan acara penutupan Oleh Direktur Direktorat Perpustakaan Joko Sugeng Prianto, SIP, M.Hum.
Patut disyukuri bahwa kegiatan Seminar Nasional ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya, mestipun kegiatan ini banyak tantangan yang terjadi namun Alhamdulillah dapat terlaksana dengan baik. Suskesnya kegiatan ini tidak lepas dari peran serta seluruh pihak terutama panitia yang telah bekerja keras mencurahkan segenap tenaga dan pikirannya, Panitia juga mendokumentasi  makalah sebagai pendukung Seminar Nasional Menuju Perpustakaan sebagai Knowledge Enterprise  dan dijadikan proseding. (Bambang Hermawan, A.Md./DPUII)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *