SEMINAR DAMPAK GADGET TERHADAP PERILAKU ANAK DAN MUSYAWARAH DAERAH IKATAN PUSTAKAWAN (IPI) KABUPATEN SLEMAN

Pada masa sekarang ini gadget merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi manusia, baik orang tua, remaja maupun anak-anak. Hampir sebagian besar masyarakat di sekitar kita setiap harinya tidak pernah lepas dari gadget. Penggunaan gadget ini tentu saja mempunyai dampak baik yang bersifat positif maupun negatif. Gadget merupakan alat elektronik yang memiliki pembaharuan dari hari ke hari sehingga membuat hidup manusia lebih praktis dan mudah. Misalnya: handphone, laptop, tablet, phablet, kamera dan lain-lain.
 
Oleh karena itu untuk memberikan pemahaman ataupun wawasan kepada masyarakat tentang gadget tersebut, Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (DP UII) bekerja sama dengan Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Sleman pada hari Rabu, 22 April 2015 menyelenggarakan acara Seminar “Dampak Gadget terhadap Perilaku Anak” dan Musyawarah Daerah IPI Kabupaten Sleman. Acara berlangsung di Ruang Audiovisual Lantai 2 Gedung Mohammad Hatta Perpustakaan dan Museum UII.
 
Acara seminar ini dibuka oleh Wakil Rektor I UII, Dr.-Ing.,Ir. Ilya Fajar Maharika, MA.,IAI yang dalam sambutannya mengatakan bahwa teknologi memang terus berkembang, sehingga dengan perkembangan tersebut diharapkan dapat mempermudah dan memperlancar kerja manusia. Beliau juga sangat mengapresiasi kegiatan seminar tersebut, demi perkembangan dan kemajuan perpustakaan pada umumnya dan Direktorat Perpustakaan UII pada khususnya.
 
Dalam seminar ini hadir sebagai nara sumber seorang Psikolog dan Dosen Psikologi FPSB UII, Uly Gusniarti, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog dan M. Solihin Arianto, S.Ag.,SIP.,M.LIS Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dan Dosen Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga. Peserta seminar sebagian besar  diikuti oleh para guru dan pengelola perpustakaan.
 
Banyak hal yang disampaikan oleh nara sumber diantaranya adalah keunggulan dan kekurangan gadget, perkembangan gadget dari masa ke masa, perkembangan anak, dampak positif dan negatif dari gadget bagi anak dan cara mengelola penggunaan alat elektronik dan pencegahan ketergantungan pada games. Acara seminar diakhiri dengan tanya jawab dan pembagian doorprice.
 
Selesainya seminar dilanjutkan dengan Musyawarah Daerah IPI Kabupaten Sleman. Dalam MUSDA tersebut, disampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus IPI 2008-2013 oleh Ketua IPI, Admiko Suharto, SIP dan dilanjutkan dengan pemilihan Pengurus IPI yang baru. Secara aklamasi berhasil dipilih Ketua dan Wakil Ketua yaitu Sungadi, S.Sos.,MIP (UII) dan Drs. Muh.Qomaruddin, S.Pd.I (MTs.N Sleman). (Suharti AD/ Pustakawan UII)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *