PENGABDIAN MASYARAKAT DI PERPUSTAKAAN PUSTAKA LOKA KALURAHAN DESA CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (DP UII) sebagai unit penunjang mempunyai peranan dalam menyukseskan Catur Darma lembaga induknya. Catur Darma UII yaitu: Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Dakwah Islamiyah. Dalam mendukung terlaksananya darma yang ketiga dan ke empat yakni Pengabdian Masyarakat dan Dakwah Islamiah,

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini diantaranya adalah sebagai wujud peran serta DP UII untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa,  meningkatkan minat baca masyarakat, sebagai sarana promosi agar DP UII lebih dikenal  di masyarakat luar, tidak hanya sivitas akademika UII dan untuk menjalin kerjasama dengan perpustakaan desa/masjid.

Dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, DP UII memprogramkan pemberian bantuan buku kepada perpustakaan desa/masjid. Buku yang dihibahkan berasal dari buku sumbangan mahasiswa yang telah lulus. Pada kesempatan ini DP UII menyerahkan buku sebanyak 200 eksemplar untuk tambahan koleksi di Perpustakaan Pustaka Loka Kalurahan Condong Catur.

Perpustakaan Pustaka Loka Kalurahan Condong Catur adalah perpustakaan yang baru berdiri pada tahun 2019. Sebagai perpustakaan baru, koleksi yang dimiliki masih sangat sedikit, sehingga perlu ditambah jumlah judul maupun eksemplarnya. Perpustakaan Pustaka Loka Kalurahan Condong Catur berada di lokasi yang sangat strategis, karena berada di bagian depan Kelurahan. Hal ini mempunyai keuntungan yang sangat baik, karena mudah diakses oleh masyarakat. Selain itu, pada tahun 2021 perpustakaan desa ini, juga ditunjuk untuk mengikuti Lomba Perpustakaan Desa tingkat Propinsi Daerah Istimeawa Yogyakarta.

Dalam kunjungan pertama yang dilaksanakan pada Kamis, 29 April 2021 telah ada kesepakatan antara DP UII dan Perpustakaan Pustaka Loka Kalurahan Condong Catur bahwa pustakawan UII siap melakukan pendampingan teknis dalam pengelolaan perpustakaan Desa Condong Catur jika dibutuhkan  Kepala Perpustakaan Pustaka Loka Condongcatur, Al Thouvik Sofisalam menyampaikan terima kasih kepada pihak Direktorat Perpustakaan UII yang telah memberikan bantuan buku sehingga menambah koleksi-koleksi bukunya.

Semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat terus berlanjut dan bermanfaat untuk meningkatkan peran perpustakaan dalam mencerdaskan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(Suharti AD)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *