RE AKREDITASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA DESEMBER 2020

Akreditasi Perpustakaan adalah rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (LAP-PNRI) yang menyatakan bahwa suatu lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan minimal untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan. Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) telah dua kali melakukan akreditasi dan memperoleh nilai A. Untuk menjaga kualitas perpustakaan agar tetap sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan yang telah ditetapkan, maka dilakukan kembali re-Akreditasi Perpustakaan yang ketiga kalinya. Masa berlaku sertifikat akreditasi pada tahun yang lalu berlaku selama 3 (tiga) tahun dan akan berakhir pada tanggal 10 Januari 2021. Sedangkan untuk masa yang akan datang apabila memperoleh nilai A, maka sertifikat akreditasi berlaku selama 5 (lima) tahun. Pada masa pandemi Covid-19, yang telah berlangsung hampir 1 (satu) tahun menyebabkan perubahan cara pelaksanaan re-akreditasi perpustakaan. Kalau pada masa normal akreditasi dilaksanakan secara langsung mengunjungi perpustakaan, maka pada masa pendemi ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Re-Akreditasi Perpustakaan UII secara online dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Desember 2020, jam 08.00 wib – selesai. Asesor yang bertugas terdiri dari 3 orang Asesor yaitu Drs. Supriyanto, MSi., Bambang Supriyo Utomo, M.Lib., Siti Juniarsih., S.Hum. dan 2 orang Pendamping Asesor yaitu Drs. Asta Budi Raharjo dan Susilo Prabowo, A.Md.

Re-Akreditasi Online dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik & Riset UII Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc. yang mewakili Rektor UII menyampaikan sambutan pada acara Pembukaan Re-Akreditasi Online. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat datang kepada para asesor dalam forum virtual pada acara re-Akreditasi Perpustakaan UII. Selain itu juga disampaikan sejarah perkembangan perpustakaan UII dari awal sampai dengan kondisi terkini. Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik & Riset UII mengharapkan adanya saran dan masukan dari para asesor untuk pengembangan Perpustakaan UII di masa yang akan datang. Sambutan yang kedua, dari Ketua Asesor, Drs. Supriyanto, MSi dari LAP-PNRI. Beliau menyampaikan apresiasi kepada pimpinan UII yang telah mendukung perpustakaan UII untuk melaksakan Re-Akreditasi Perpustakaan.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan pemaparan Profil Perpustakaan UII oleh Direktur Perpustakaan UII, Joko Sugeng Prianto, SIP.,M.Hum dan pemutaran video profil perpustakaan, dilanjutkan dengan peninjauan Lapangan atau Library tour dengan video livestreaming. Peninjauan lapangan ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi terkini sebagai masukan untuk cross check dengan bukti fisik yang telah dikirimkan ke LAP-PNRI. Pada saat peninjauan lapangan, ada 2 (dua) pustakawan yang bertugas sebagai cameraman adalah Teguh Prasetyo Utomo, S.I.Pust. dan reporter oleh M. Jamil, SIP. Peninjauan lapangan dilakukan baik indoor maupun outdoor di Perpustakaan UII. Interview dan verifikasi bukti fisik dilaksanakan setelah peninjauan lapangan. Dalam interview dibagi dalam 2 (dua) kelompok yaitu Kelompok I dengan Asesor Siti Juniarti, S.Hum untuk komponen 1, 2, 3 dan Kelompok II dengan Asesor Bambang Supriyo Utomo, M.Lib untuk komponen 4,5,6.

Alhamdulillah setelah asesor mencermati data dan peninjauan lapangan secara daring serta memverifikasi bukti fisik yang sudah dikirimkan, ditetapkan hasil sementara dari penilaian asesor Perpustakaan UII memperoleh nilai A dengan bobot nilai 95.4, yang akan dipertahankan asesor di rapat LAP-PNRI.

Perolehan hasil ini dari ridlo Allah, kerja sama dan dukungan dari semua pihak, baik dari pimpinan maupun semua semua staf di seluruh Perpustakaan UII. Semoga hasil ini akan memotivasi Perpustakaan UII untuk terus berinovasi dan berkreasi untuk memberikan layanan yang terbaik bagi pemustaka. (Penulis: Suharti AD, SIP.)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *