Selamat Datang di Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan bagian integral dari kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan di perguruan tinggi (Sumber: Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia nomor 13 tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi). Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki UII, yang dapat dimanfaat optimal bagi sivitas akademika UII, baik kekayaan koleksi cetak maupun digital serta sarana yang lain, untuk mewujudkan kepuasan informasi pemustaka Direktorat Perpustakaan UII.

Keberadaan Direktorat Perpustakaan UII untuk mendukung mewujudkan Visi, Misi, dan tujuan UII sebagai Perguruan Tinggi induknya. Tujuan UII antara lain membentuk cendekiawan muslim dan pemimpin bangsa yang berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat, menguasai ilmu keislaman dan mampu menerapkan nilai-nilai islami serta berdaya saing tinggi; melahirkan pemikir-pemikir yang dapat membumikan konsep rahmatan lil alamin; serta mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, sastra, dan seni yang berjiwa Islam; dan sebagainya.

Dengan semangat memberi pelayanan terbaik (prima) bagi  sivitas akademika UII, Direktorat Perpustakaan ingin menjadi mitra terbaik bagi sivitas akademika UII untuk meraih cita-cita luhurnya. Semoga Alloh meridloi UII, meridloi kita semua, aamiin.

Direktur Perpustakaan UII,

Joko Sugeng Prianto, SIP., M.Hum.

  • Visi

    Menjadi mitra bagi sivitas akademika dan masyarakat belajar dalam mengembangkan pengetahuan melalui pengelolaan informasi yang Islami, setara dengan perpustakaan berkualitas di negara maju.

  • Misi

    1. Melayani akses informasi sivitas akademika dan masyarakat belajar secara islami.
    2. Mengembangkan dan menyebarluaskan sumber informasi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, sastra dan seni yang berjiwa Islam.
    3. Membantu membentuk sivitas akademika dan  masyarakat belajar yang memiliki keunggulan dalam keislaman, keilmuan, keahlian,  dan profesionalisme.
  • Tujuan

    Sebagai pendukung kegiatan proses belajar-mengajar yang berperan dalam menunjang pelaksanaan Catur Dharma Universitas Islam Indonesia, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat, dan Dakwah Islamiyah.

Tak kenal maka tak sayang

Berdiri sejak 1950, Perpustakaan Universitas Islam Indonesia berupaya memberikan layanan terbaik kepada pemustaka

Kilas perjalanan Perpustakaan UII

Berdiri pada tahun 1950 berlokasi di Masjid Syuhada Kotabaru…

Pimpinan & Manajemen

Pimpinan dan manajemen Direktorat Perpustakaan Universitas Islam  Indonesia

Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia Direktorat Perpustakaan Universitas Islam  Indonesia

Fasilitas

Informasi tentang sarana dan prasarana di perpustakaan

Peraturan & Tata Tertib

Beberapa peraturan dan tata tertib di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam  Indonesia

Denah Perpustakaan

Tata letak lantai, ruang,koleksi dan sarpras di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam  Indonesia