PERPISAHAN PURNA TUGAS BAPAK WAHID HUDAYA : 18 TAHUN MENGABDI DENGAN IKHLAS DAN PROFESIONAL

Sleman – Jumat (21/02/2020) yang lalu Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengadakan acara perpisahan purna tugas salah satu pegawai Perpustakaan UII, Bapak Wahid Hudaya, S.I.Pust. yang akan mengakhiri pengabdiannya di UII pada tanggal 25 Februari 2020 ini. Acara Perpisahan Purna Tugas ini dilakukan secara sederhana di halaman selatan Direktorat Perpustakaan UII, dengan dihadiri oleh seluruh pustakawan dan staff Perpustakaan UII serta para siswa dan mahasiswa yang tengah melakukan PKL di Perpustakaan UII.

Dimulai pukul 09.00 WIB, acara ini langsung dibuka oleh Direktur Direktorat Perpustakaan UII, Bapak Joko Sugeng Prianto, SIP., M.Hum. Dalam sambutan pembukaannya, Direktur Direktorat Perpustakaan UII menyampaikan apresiasinya yang sangat tinggi atas pengabdian Bapak Wahid Hudaya, S.I.Pust.  Selama 18 tahun terhitung mulai tahun 2002 sampai dengan tahun 2020 ini, Bapak Wahid mengabdi sebagai tenaga perpustakaan UII dengan sangat baik dan penuh dedikasi. Meskipun berstatus sebagai pegawai kontrak sampai dengan ahir masa pengabdiannya di UII, hal ini tidak mengurangi sikap profesionalisme Pak Wahid sebagai tenaga perpustakaan UII. Ini dibuktikan dengan sikap dan kinerja beliau selama menjadi tenaga perpustakaan di Direktorat Perpustakaan UII. Bahkan Pak Wahid juga merupakan salah seorang di Perpustakaan UII yang menguasai SIMPUS (Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan) UII dengan sangat mendalam sehingga beliau menguasai trik-trik tertentu dalam penggunaan SIMPUS ini yang jarang diketahui oleh Pustakawan lainnya. Beberapa kesan yang tidak terlupakan dari sosok Bapak Wahid di mata Direktur Perpustakaan UII beberapa di antaranya adalah bahwa Pak Wahid orang yang berdedikasi tinggi, professional, kreatif, memiliki potensi, produktif, Ikhlas, mencintai kantor Direktorat Perpustakaan UII, dan memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Pada akhir sambutannya, Direktur Doirektorat Perpustakaan UII menyampaikan bahwa “Khoirunnas anfauhum linnas” – Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Selain sambutan dari Direktur Direktorat Perpustakaan UII, juga disampaikan beberapa kesan dan pesan dari para Pustakawan Perpustakaan UII. Diantaranya adalah kesan dan pesan dari Ibu Suharti AD, SIP. (Kepala Divisi Pelayanan Teknis), Bapak M. Jamil, SIP (Kadiv IT yang juga merupakan teman seangkatan Pak Wahid), Bapak Gaib Suwasana, SIP., MIP. (Kadiv Pelayanan Pemakai) dan juga dari Bapak Dr. Sungadi, S,Sos., selaku Pustakawan paling senior di Direktorat Perpustakaan UII. Semua memberikan kesan dan pesan yang baik dan positif pada perjalanan karier Bapak Wahid Hudaya, S.I.Pust. selama 18 tahun berkarya di Direktorat Perpustakaan UII. Bahkan Ibu Suharti AD, SIP menyampaikan “Alhamdulillah, Pak Wahid mengahiri pengambdiannya di UII dengan husnul khotimah” yang mengambarkan bagaimana beliau berkarier di UII.

Dalam kesempatan ini pun, Bapak Wahid Hudaya, S.I.Pust. juga memberikan sedikit tanggapannya atas seluruh apresiasi, kerjasama dan suasana kekeluargaan yang ada di Direktorat Perpustakaan UII yang beliau dapatkan selama 18 tahun pengabdian beliau. Pak Wahid juga menyampaikan permohonan maaf jika ada kesalahan, baik itu yang disengaja maupun yang tidak sengaja. Selepas purna tugas nanti, pak Wahid Hudaya  menyampaikan akan mengabdikan dirinya di masyarakat di desanya. Selain itu, beliau juga mempersilahkan dan membuka pintu selebar-lebarnya jika ada dari teman-teman Pustakawan dan Staff Perpustakaan UII yang hendak bersilaturrahmi ke rumah beliau di daerah Bokoharjo Sleman.

Acara perpisahan ini diahiri dengan penyerahan cinderamata dari seluruh Pustakawan dan Staff Perpustakaan UII untuk Bapak Wahid yang langsung diserahkan oleh Direktur Direktorat Perpustakaan UII, Bapak Joko S Prianto, SIP., M.Hum. Selepas penyerahan cinderamata, acara ditutup dengan bersalaman dengan Pak Wahid sebagai tanda persaudaraan yang erat antara Pak Wahid dengan seluruh Pustakawan dan tenaga perpustakaan Direktorat perpustakaan UII.

Semoga pengabdian, profesionalisme dan keikhlasan Bapak Wahid Hudaya, S.I.Pust. menjadi teladan dan inspirasi bagi kita semua.

 (Penulis berita: Teguh Prasetyo Utomo – Pustakawan UII)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *