EKSISTENSI DIREKTORAT PERPUSTAKAAN UII DIAKUI OLEH INTERNAL DAN EKSTERNAL UII

Alhamdulillah kredibilitas Direktorat Perpustakaan UII (DP UII) diakui oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) dengan memberi Sertifikat Akreditasi Kategori A Nomor: 29/I/CC/XII/2014.   Akreditasi tersebut telah dilaksanakan pada tanggal:  21 Mei sampai dengan 20 Desember 2014. Hal terebut juga mempengaruhi tingkat kunjungan yang semakin menggembirakan dari mahasiswa S3, S2, dan S1 dalam dan luar UII. Informasi yang dicari antara lain lokal konten seperti Disertasi, Tesis, Skripsi, serta jurnal nasional maupun internasional, baik online maupun offline untuk membuat karya tulis maupun tugas-tugas kuliah mereka.
 
Meningkatnya jumlah pengunjung di perpustakaan tidak lepas dari koleksi serta informasi lengkap yang disediakan perpustakaan. Fasilitas gedung yang memadai membuat pemustaka senang, nyaman dan tenang. Ruangan perpustakaan yang bersih, sejuk, dan nyaman diharapkan kian menambah tingkat kunjungan ke DP UII.
 
DP UII memiliki koleksi sekitar 146.262 Judul dan 290.564 eksemplar buku (data statistik November 2014). Adapun buku-buku Islam yang ada di DP UII  terdiri dari koleksi bahasa Arab bantuan dari Kedutaan Saudi Arabia dan wakaf dari Perpustakaan Islam Yogyakarta, buku-buku Islam tersebut merupakan koleksi unggulan yang diperhitungkan untuk keperluan penelitian. Disamping itu ada berbagai koleksi unggulan yang lain untuk mendukung pembelajaran pada prodi-prodi yang ada di UII, baik koleksi cetak maupun digital.
 
Tersedianya koleksi Jurnal Nasional, Jurnal Internasional, berbagai macam surat kabar, majalah, bulletin, tabloid dan sebagainya menambah kekayaan informasi DP UII. Pengunjung sungguh dimanjakan dengan bermacam koleksi DP UII, termasuk koleksi langka tersebut di atas. Selain itu disediakan koleksi referensi seperti: ensiklopedia, undang-undang, almanak, buku tahunan, berbagai macam kamus, manuskrip untuk kepuasan pemustaka.
 
Dengan kekayaan koleksi DP UII, ke depan diharapkan tingkat kunjungan dan pemanfaatan koleksi meningkat, dan dapat mengantarkan sivitas akademika UII khususnya, dan masyarakat pada umumnya untuk menggapai cita-cita luhurnya. Sehingga terciptalah masyarakat madani yang menjadi dambaan umat untuk kemajuan bangsa Indonesia, semoga. (Suparman/ Pustakawan UII)
 
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *