UII Sore Nyastra 3 – Bumi Palestina

Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menggelar seni baca puisi bersama seluruh civitas akademika yang dikemas dalam UIISorenyastra pada Selasa, 11 Juni 2024 sore pukul 15.30 WIB hingga berakhir pada pukul 17.00 WIB. Acara diselenggarakan di halaman Direktorat Perpustakaan Univerrsitas Islam Indonesia tepatnya di selasar utara gedung Mohammad Hatta. Sebagai salah satu upaya menunjukkan rasa keprihatinan dan kepedulian Universitas Islam Indonesia terhadap rakyat Palestina, diangkat tema ‘Bumi Palestina” yang dimaksudkan untuk membingkai kembali empati terhadap bumi Palestina. “Saat ini, rakyat Palestina sedang berada di penjara terbesar di dunia”, demikian ungkap Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D.

Terdapat 29 puisi yang terkumpul pada tahun ini, dengan komposisi 4 buah karya dari kalangan mahasiswa, 9 puisi persembahan dosen, dan 5 puisi dari tenaga kependidikan. UIISorenyastra #3 kali ini ditandai dengan prosesi simbolis serah terima buku Antologi puisi UIISorenyastra #1 Senja Kala Demokrasi Indonesia dan Antologi Puisi UIISorenyastra #2 Manusia dan Agama oleh Sekretaris Eksekutif UII, Hangga Fathana, S.IP., B.Int.St., M.A. kepada rektor UII.

Selaras dengan apa yang ditorehkan dalam karya puisi dan lukisannya Prof. Fathul sore itu, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tema yang diusung UIISorenyastra kali ini pesannya jelas yaitu melantangkan kembali kepedulian dan empati kepada saudara-saudara kita yang sedang berjuang, berjihad di Palestina. “Semoga penderitaan mereka segera berakhir, penjajahan segera terhenti, dan semoga perdamaian abadi segera terjadi. Aamiin”, ucap Prof. Fathul Wahid.

Kontributor: Marni Utami