Library Lite Agustus 2024

Sleman, 29 Agustus 2024

Rasulullah SAW bersabda “bahwa bentuk sedekah yang paling ringan adalah tersenyum”.  Senyuman bisa memberikan perubahan yang signifikan, membuat penampilan lebih menarik, mengurangi stress dan mengubah perasaan dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Senyum juga menjaga dapat kesehatan, penyejuk rohani serta menumbuhkan ikatan tali kasih sayang dan silaturahmi. Demikian mukadimah yang disampaikan oleh Erna Harmawati saat memberikan tausiyah pada Library Lite edisi Agustus yang rutin diselenggarakan oleh Direktorat perpustakaan Univesitas Islam Indonesia. Pada kesempatan kali ini Erna mengambil tema pentingnya menerapkan budaya 5S yakni, senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.

Lebih lanjut disampaikan Erna alasan mengapa senyum dapat menjaga kesehatan. Menurut sebuah penelitian, senyum dapat mengurangi sakit jantung, meningkatkan semangat, mengurangi hormon eniferin dan kortisol, menghasilkan endorphin dan serotonin, dan mempercepat proses penyembuhan penyakit. Erna menambahkan bahwa saat kita saling mengucapkan salam, berarti kita telah saling mendoakan untuk kebaikan satu sama lain. Mengucapkan salam menunjukkan semangat dalam menjalankan adab, melaksanakan syariat, dan semangat untuk meraih pahala.

Kemudian pada sesi berikutnya Solikah Agustin berbagi cerita mengenai Prosedur Kerja Layanan Cek Plagiasi di Fakultas Hukum UII. Solikah menambahkan ada beberapa prosedur yang harus dilakukan oleh mahasiswa FH untuk cek plagiasi. Pertama, mahasiswa harus bergabung di Google Classroom (GC) Plagiasi, kemudian mahasiswa dimintakan upload file Tugas Akhir yang akan diujikan berekstensi document (*.doc). Setelah upload bukti ACC dari Dosen Pembimbing, surat keterangan Bebas Plagiasi akan dikirim via email UII ke mahasiswa yang bersangkutan. Berbagai upaya mahasiswa lakukan untuk bisa lolos cek plagiasi ini. Namun demikian kejujuran dan integritas tetaplah menjadi prioritas utama untuk meraih sebuah kesuksesan.

Kontributor: Marni Utami