studi banding ums-uksw

Direktorat Perpustakaan UII Studi Banding Ke Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta Dan Universitas Kristen Satya Wacana


Dalam rangka usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan melaksanakan program kerja tahun 2016, maka Direktorat Perpustakaan UII pada hari Rabu, 14 Desember 2016 melakukan studi banding ke Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Studi banding kali ini diikuti oleh semua pejabat struktural yang ada di Direktorat Perpustakaan UII yakni Direktur, Kepala Divisi dan Kepala Urusan berjumlah 8 (delapan) orang.

foto-umsPerpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta dipilih menjadi tujuan studi banding dikarenakan Direktorat Perpustakaan ingin mengetahui lebih jauh tentang pelaksanaan program SMS Gateway yang telah dijalankan di Perpustakaan UMS. SMS Gateway pada saat ini merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan baik oleh pemustaka maupun perpustakaan. Melalui SMS Gateway ini pemustaka akan lebih dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Fasilitas dalam SMS Gateway diantaranya: perpanjangan pinjaman buku, cek denda, cek keanggotaan, cek pinjaman, pemesanan buku, usulan buku dan yang lainnya. Pemustaka tidak perlu datang ke perpustakaan untuk melakukan hal-hal tersebut. Pemustaka bisa melakukan keperluan itu dimanapun mereka berada melalui aplikasi SMS Gateway ini. Di samping pemustaka dimudahkan dengan fasilitas tersebut dan pekerjaan di perpustakaan juga akan lebih ringan. Penagihan tidak perlu dengan mengirimkan surat tagihan melalui pos. Hanya memang diperlukan petugas khusus yang mampu untuk menangani dan mengelola SMS Gateway ini. Usainya diskusi Tim Direktorat Perpustakaan UII diajak melihat-lihat fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan UMS.

Sedangkan di Perpustakaan UKSW Salatiga, karena Direktorat Perpustakaan ingin mengetahui lebih rinci tentang pengelolaan Repositori Institusi yang ada di foto UKSWPerpustakaan UKSW. Layanan Repositori Institusi bertujuan untuk mengoleksi, memelihara dan menyediakan akses tetap pada koleksi karya ilmiah yang dihasilkan oleh institusinya seperti:  tugas akhir, skripsi, tesis, desertasi, artikel, makalah seminar dan sebagainya. Melalui layanan repositori institusi ini diharapkan pemustaka lebih mudah memperoleh informasi tentang karya-karya yang dihasilkan oleh sivitas akademika di institusinya. Setelah acara diskusi dilanjutkan dengan melihat fasilitas dan ruang yang ada di Perpustakaan UKSW yang bersih dan rapi membuat kerasan para pemustaka.

Banyak hal yang diperoleh dari studi banding kali ini, diantaranya tentang sms gateway, repository institusi, cara penataan ruang, guide rak dan sebagainya. Semoga hal yang baik dan belum ada di Direktorat Perpustakaan UII bisa diimplementasikan di masa yang akan datang untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan demi kemajuan Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia.  (Suharti/Pustakawan UII)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *