Akses E-Journal 2


E-jurnal yang dimiliki UII dibagi dalam 2 kategori:
1.    E-jurnal yang diterbitkan UII
2.    E-jurnal yang dilanggan UII dan DIKTI
 
 
1.    Akses e-jurnal yang diterbitkan UII
Alamat akses: http://journal.uii.ac.id, pada tampilan utama, pilih jurnal yang ingin diakses. Klik pada view journal atau current issue untuk mengakses artikel jurnal terbaru. Bila artikel yang diinginkan sudah ditemukan, dapat diunduh dengan mengklik pada abstract bila hanya ingin melihat abstraknya dalam bentuk teks atau klik pada PDF bila ingin mengunduhnya.
Selanjutnyaklik pada archives dari tampilan utama jurnal tersebut untuk mengakses volume atau issue sebelumnya dari jurnal tersebut.
 
2.    Akses e-jurnal yang dilanggan UII dan DIKTI
 
Universitas Islam Indonesia melanggan e-jurnal yaitu ProQuest dan EBSCO
 
a)    Akses e-jurnal ProQuest
Bila akses dilakukan dalam jaringan akses UII maka tanpa login akan langsung muncul tampilan utama penelusuran e-jurnal ProQuest. Tetapi bila akses dilakukan dari luar jaringan akses UII maka perlu login dahulu dengan user ID dan password yang dapat diperoleh di Direktorat Perpustakaan.
Setelah berhasil masuk dalam portal e-jurnal ProQuest maka akan muncul tampilan utama pencarian dasar (Basic Search) artikel e-jurnal.
Langkahpencarian dilakukan dengan mengetikkan kata kunci (umumnya berbahasa Inggris) pada kolom pencarian dilanjutkan dengan enter atau klik tombol Search. Hasil pencarian berupa daftar artikel e-jurnal yang sesuai dengan kata kunci. Selanjutnya dapat dilakukan akses artikel e-jurnal tersebut.
 
 
Akses artikel e-jurnal
 
Tentukan dan pilih artikel e-jurnal yang diinginkan, kemudian:
1.    Klik pada Citation/Abstract bila hanya ingin melihat abstrak atau sitasinya
2.    Klik Full text bila ingin melihat artikel tersebut secara keseluruhan dalam format teks (html).
3.    Klik Full text – PDF bila ingin melihatnya dalam tampilan pdf viewer dan atau mengunduh artikel tersebut. Pengunduhan dapat dilakukan dengan cara:
·      klik tombol download (gambar disket) pada pop up yang muncul dalam tampilan pdf viewer, pilih lokasi tempat penyimpanan, beri nama file yang akan diunduh kemudian klik save atau
·      klik pada Open in PDF Reader, pilih save file, klik Ok, pilih lokasi tempat penyimpanan, beri nama file yang akan diunduh kemudian klik save.
 
Bila ingin memilih beberapa artikel e-jurnal sekaligus, maka centang pada kotak pilihan dari artikel-artikel yang dipilih, kemudian klik:
1.    Save to my Research untuk menyimpan artikel-artikel tersebut dalam folder pribadi yang disediakan oleh ProQuest. Folder pribadi dapat dimiliki bila sudah register. Caranya dengan klik pada Create My Research account dan ikuti petunjuk selanjutnya.
2.    Email untuk mengirimnya melalui email
3.    Print untuk mencetaknya
4.    Citebila ingin mengutipnya
5.    Export/ Save bila ingin mengunduh atau mengutipnya sesuai dengan format yang ada (pdf, rtf, html, teks).
Untuk pencarian lanjut (Advanced Search) langkah penelusurannya hampir sama dengan pencarian sederhana (Basic Search). Perbedaannya hanya pada penggunaan dan pemilihan kata kunci. Dalam pencarian lanjut ada batasan-batasan tertentu yang dapat dipilih seperti penggunaan boolean AND, OR, NOT; pembatasan kategori (all field+text, author (pengarang), abstrak dan sebagainya), cakupan waktu, tipe dokumen dan lain-lain). Sedangkan hasil pencarian dan proses akses selanjutnya sama dengan langkah pencarian sederhana.
 
Bila menginginkan untuk melihat daftar judul-judul e-jurnal, maka:
1.    Klik pada Publications
2.    Pada tampilan selanjutnya, ketikkan judul jurnal pada kolom pencarian, klik Search atau Enter bila menggunakan mode pencarian atau bila menggunakan model bowsing maka digunakan bantuan navigasi (next, previous, angka 1, 2, 3 … , huruf abjad atau all (tampilkan semua).
3.    Bila judul e-jurnal sudah ditemukan, pilih judul e-jurnal yang diinginkan dengan mengklik pada judulnya.
4.    Pada tampilan selanjutnya, ketikkan kata kunci pada kolom pencarian, klik Search atau Enter bila menggunakan mode pencarian.  Hasil pencarian berupa daftar artikel yang sesuai dengan kata kunci.
5.    Langkah selanjutnya sama dengan langkah akses artikel e-jurnal seperti sudah dijelaskan sebelumnya.
 
Mode browse dapat digunakan bila e-jurnal tersebut menampilkan daftar issue/ volume yang diterbitkan. Caranya: klik pada item yang muncul di bawah browse specific issue, ikuti aksesnya (klik tanda +) sampai muncul daftar artikel e-jurnal dari satu volume/ issue tertentu. Langkah selanjutnya sama dengan langkah akses artikel e-jurnal seperti sudah dijelaskan sebelumnya.
 
b)   Akses E-jurnal EBSCO
Bilaaksesdilakukan dalam jaringan akses UII maka tanpa login. Tetapi bila akses dilakukan dari luar jaringan akses UII maka perlu login dahulu dengan user ID dan password yang dapat diperoleh di Direktorat Perpustakaan.
Setelah berhasil masuk dalam portal e-jurnal EBSCO, pertama pilih dahulu database yang akan diakses dengan cara mengklik pada judul database tersebut (misal: EBSCOhost Research Databases : Business & MEDLINE). Pada tampilan selanjutnya centang database terpilih (boleh lebih dari satu), misal: Business Source Elite kemudian klik tombol Continue. Selanjutnya akan muncul tampilan utama pencarian artikel e-jurnal.
 
Cara pencarian artikel e-jurnal EBSCO.
1.    Ketikkan kata kunci (umumnya berbahasa Inggris) pada kolom pencarian, atur Search Options yang berada pada kotak area di bawahnya. Misalnya:
·      mode pencarian Boolean atau phrase maka aktifkan tombol Boolean/ phrase
·      menampilkan artikel e-jurnal yang full teks saja, maka aktifkan tanda centang pada tombol Full Text
·      menampilkan artikel e-jurnal dalam format PDF saja, maka aktifkan tanda centang pada tombol PDF Full Text
·      dan lain-lain.
2.    Dilanjutkan dengan enter atau klik tombol Search. Hasil pencarian berupa daftar artikel e-jurnal yang sesuai dengan kata kunci.
 
Akses artikel e-jurnal
Tentukan dan pilih artikel e-jurnal yang diinginkan kemudian, klik judul atau Html Full Text artikel e-jurnal tersebut bila ingin menampilkannya dalam bentuk teks.
a.       Klik pada PDF Full Text artikel e-jurnal tersebut bila ingin menampilkannya dalam format pdf. Hasilnya berupa tampilan pdf view. Artikeldapat diunduh dengan menggunakan tombol pop up yang dapat dimunculkan dengan meletakkan kursor pada bagian atas frame.
Gunakan tombol tools yang terletak di sebelah kanan untuk keperluan dan akses selanjutnya. Misalnya:
·      untuk mencetak, klik pada tombol print
·      mengirim via email klik pada tombol email
·      untuk sitasi klik tombol Cite dan sebagainya.
 
 


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 thoughts on “Akses E-Journal