Panduan Penelusuran Koleksi Melalui Anjungan OPAC (On-line Public Access Catalogue)


A.   Pencarian Sederhana
 
Ketik http://library.uii.ac.id/pada alamat web browser
 
1.       Pilih menu UII-OPAC
2.       Ketikkata kunci judul buku yang dicari, misalnya anda mencari buku Psikologi Pendidikan, kemudian klik Submit.
3.       Pada tampilan selanjutnya terdapat 5 (lima) kolom yaitu: kolom 1 berisi nomor urut, kolom 2 berisi judul koleksi hasil pencarian, kolom 3 memuat nama pengarang, kolom 4 berisi nama penerbit, dan kolom 5 berisi nomor DDC.
4.       Apabilaingin mengetahui status buku: jumlah eksemplar, koleksi berada di tempat atau berstatus dipinjam, maka klik judul hasil pencarian, kemudian pilih detail koleksi.
5.       Catat nomor DDC dari hasil pencarian yang diinginkan, kemudian anda dapat mencari buku pada jajaran rak buku (nomor DDC 000… s.d 319… berada di lantai 1 dan nomor DDC 320… s.d. 900… terdapat di lantai UG (Upper Ground). Urutan nomor DDC pada rak, dimulai dari kiri ke kanan pada rak layer paling  atas, kemudian menyambung layer di bawahnya dari kiri ke kanan, dan seterusnya.
 
A.   Pencarian Lebih Lanjut (Advance)
Lakukan seperti petunjuk pada A angka 1
Dari petunjuk A angka 2, klik pencarian lebih lanjut.
Pada tampilan selanjutnya terdapat menu-menu antara lain:
1.       LOKASI, berisi pilihan letak keberadaan koleksi di lingkungan Perpustakaan UII. Misalnya anda dapat memilih koleksi yang  dimiliki oleh perpustakaan Fakultas Ekonomi saja, dan seterusnya.
2.       BAHASA, berisi pilihan dalam berbagai bahasa antara lain bahasa Indonesia, Inggris, Arab, China, Malaysia, Belanda, Jerman, dsb. Ketika anda memilih semua bahasa, maka hasil pencarian akan menampilkan koleksi semua bahasa.
3.       JENIS, berisi pilihan jenis koleksi antara lain: buku, jurnal, tugas akhir, laporan penelitian, disertasi, skripsi, tesis, dsb.
4.       SUBYEK, ketikkan kata kunci subyek (topik bahasan isi buku) pada kolom ini.
5.       JUDUL, ketikkan kata kunci judul pada kolom ini (ketika anda telah mengetahui judul buku yang anda kehendaki).
6.       PENGARANG, ketikkan kata kunci nama pengarang  yang ingin dicari.
7.       PENERBIT, ketikkan nama penerbit yang ingin dicari pada kolom ini.
8.       DDC, ketikkan nomor DDC yang terdapat pada label punggung buku.
 
Catatan: Untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih banyak, maka dianjurkan tidak semua menu diisi. Contoh: Ketika anda sudah mengisi kolom subyek, sebaiknya kolom judul, pengarang, penerbit, dan DDC dikosongkan saja.
 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *