Perpustakaan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Kunjungi Direktorat Perpustakaan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pada hari Kamis, 27 Juli 2017 Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (DP UII) mendapat kunjungan dari Badan Perpustakaan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Rombongan berjumlah 8 (delapan) orang terdiri dari pejabat struktural dan pustakawan di lingkungan Badan Perpustakaan Universitas 17 Agustus 1945. Rombongan diterima oleh Direktur DP UII, Joko Sugeng  Prianto, SIP., M.Hum. di Ruang Sidang Direktorat Lantai 2 DP UII.

Dalam sambutannya Direktur DP UII menyampaikan  terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan dari Badan Perpustakaan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya untuk berkunjung ke DP UII. Beliau  menyatakan  bahwa sebenarnya DP UII masih harus belajar banyak  terkait dengan perkembangan pengelolaan perpustakaan yang semakin komprehensif. Perpustakaan sekarang dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan pemustaka yang semakin kompleks. DP UII sendiri saat ini ditugasi untuk mengelola  Knowledge  Management Centre (KMC). Tugas tersebut diantaranya pengelolaan jurnal online, publishing centre, pengelolaan repository dan lain-lain.

Bambang Agustono, SH selaku ketua rombongan sekaligus Kepala Badan Perpustakaan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya merasa sangat bangga dapat berkunjung ke  DP UII sebagai  universitas swasta yang tertua di Indonesia dan sudah menerapkan Jabatan Fungsional Pustakawan.  Maksud dan tujuan ke Perpustakaan UII adalah untuk saling tukar informasi yang terkait dengan tata kelola dan sistem layanan perpustakaan, otomasi layanan, digitalisasi koleksi dan jabatan fungsional pustakawan di UII.

Acara dimulai dengan pemutaran profil Direktorat Perpustakaan UII, kemudian dilanjutkan dengan  diskusi/tanya jawab. Pada sesi diskusi ada peserta rombongan yang menanyakan tentang sejarah penerapan Teknologi Informasi di DP UII, pengadaan sarana prasana, pengadaan koleksi, pengelolaan koleksi khususnya koleksi elektronik, baik e-book, e-jurnal  dan e-TA, pengelolaan dan penerapan jabatan fungsional pustakawan di UII sekaligus bagaimana cara penilaian DUPAK (Daftar Usulan Angka Kredit Pustakawan) pustakawan. Peserta rombongan merasa puas dan senang setelah memperoleh informasi dan wawasan dari apa yang telah diterapkan di DP UII. Informasi ini akan digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk diimplementasikan di Perpustakaannya.

Selesainya acara,   rombongan diajak tour  mengelilingi direktorat perpustakaan seperti ruang pelayanan pemakai di lantai 1 dan UG,  ruang I-Library, ruang E-Library, ruang pelayanan teknis, ruang digitalisasi, museum dan Candi Kimpulan. Peserta rombongan merasa kagum dan senang  bisa berkunjung ke Direktorat Perpustakaan UII. Melihat  tata letak Ruang koleksi yang menyatu dengan ruang baca yang menghadap ke Candi Kimpulan merupakan pemandangan  yang langka, baru kali ini perpustakaan yang lengkap dengan 3 (tiga ) perpaduan antara Perpustakakan, Museum dan Candi, sehingga sangat terasa nuansa akademik dan budaya melebur menjadi satu. Sebelum meninggalkan Direktorat Perpustakaan peserta rombongan berfoto bersama di Museum dan Candi Kimpulan. (Ismanto/Pustakawan UII).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *