Pelatihan Aplikasi Plagiarism (Turnitin) Di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 

foto pelatihan turnitin

Pada suatu institusi pendidikan khususnya perguruan tinggi  pasti banyak dihasilkan karya ilmiah. Karya ilmiah tersebut bisa disusun oleh mahasiswa, dosen ataupun tenaga kependidikan lainnya. Bahkan sering dijumpai adanya karya ilmiah yang disusun kolaborasi  antara dosen dan mahasiswa atau tenaga kependidikan.

Untuk mengetahui bahwa karya ilmiah yang dihasilkan oleh civitas akademika UII bebas dari kategori plagiarism, maka Direktorat Perpustakaan UII mengadakan pelatihan aplikasi plagiarism “Turnitin”.  Aplikasi plagiarism Turnitin ini diadakan dengan tujuan untuk mengecek karya ilmiah yang dihasilkan mahasiswa seperti tugas perkuliahan, skripsi, tesis dan disertasi.

Untuk melatih pustakawan dan pegawai perpustakaan di lingkungan UII, maka pada hari Jum’at, 14 Juli 2017 diselenggarakan Pelatihan Aplikasi Turnitin yang dipandu langsung oleh Sastriati dari Igroup selaku vendor Ithenticate dan Turnitin. Pada pelatihan kali ini diikuti oleh 18 (delapan belas) orang perwakilan dari Direktorat Perpustakaan dan Perpustakaan Fakultas.

Pelatihan ini baru sebagai langkah awal untuk mengenalkan aplikasi plagiarism ini. Oleh karena itu,  berlatih secara mandiri terus menerus, sehingga dapat terampil menggunakan dan dapat membimbing pemustaka untuk menggunakan aplikasi plagiarism ini.  Karena jika hanya dilakukan sekali, niscaya akan kesulitan karena lupa bahkan jadi tidak bisa lagi.

Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta dapat mempraktekkan untuk pengecekan karya ilmiah dari civitas akademika UII sehingga diharapkan bisa menjadi tutor bagi mahasiswa dan dosen yang ingin melakukan pengegecekan seberapa besar prosentase plagiarism karya ilmiahnya. (Suharti/ Pustakawan UII)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *