Universitas Medan Area Studi Banding Ke Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

serah terima plakat 2017-06-09 at 10.27.32 AM

Pada hari Selasa, 06 Juni 2017 Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia menerima kunjungan  studi banding dari Perwakilan Perpustakaan Universitas Medan Area.  Kunjungan studi banding ini diikuti oleh Kepala Perpustakaan dan seorang staf Perpustakaan Universitas Medan Area.

Dalam sambutan tuan rumah yang diwakili oleh Kadiv. Pengadaan Administrasi Umum dan Keuangan, Suharti, SIP menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan dari Perpustakaan Universitas Medan Area memilih Direktorat Perpustakaan UII sebagai tujuan studi banding. Semoga studi banding ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Kepala Perpustakaan Universitas Medan Area menyampaikan bahwa sebelum menentukan tujuan studi banding telah dilakukan survey atau penelitian melalui website dari berbagai perpustakaan, kemudian dipilih Direktorat Perpustakaan UII sebagai salah satu tujuan studi banding.

Pada diskusi dan sharing informasi, banyak hal yang ditanyakan dan dibahas yaitu tentang pengembangan koleksi, pengembangan teknologi informasi, pengelolaan arsip dan pemanfaatan arsip.  Dalam pengembangan koleksi , khususnya pengadaan bahan perpustakaan di Perpustakaan Medan Area dilakukan per semester, sehingga banyak permintaan kebutuhan bahan perpustakaan yang sering tidak terpenuhi.  Weeding yang dilakukan di Direktorat Perpustakaan UII  untuk mengeluarkan koleksi dari rak yang sudah tidak relevan digunakan pemakai, juga dibahas pada kesempatan ini.

Dalam hal teknologi informasi banyak dibahas masalah repository, webometrik, karya ilmiah, digitalisasi, plagiarism ceker dan lain-lain.

Pengelolaan arsip di Direktorat Perpustakaan, masih sederhana dan manual. Arsip yang ada di Direktorat Perpustakaan sebatas surat masuk, surat keluar, laporan kegiatan, laporan keuangan, dokumen perjanjian dengan perpustakaan lain, pengadaan bahan perpustakaan.

Sedangkan pemanfaatan langganan e-journal dikhususkan untuk civitas akademika UII, karena terkait perjanjian dengan vendor.

Acara diakhiri dengan penyerahan cindera mata dan foto bersama dengan semua Kepala Divisi di lingkungan Direktorat Perpustakaan UII dan dilanjutkan tour keliling Direktorat Perpustakaan , museum dan candi Kimpulan. (Bambang HermawanPustakawan DP UII)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *