Seminar Nasional “Perpustakaan dalam Genggaman Jari Anda: Teknologi Pengelolaan Pengetahuan untuk Perpustakaan Masa Depan”

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 

Seminar Nasional2016Direktorat Perpustakaan UII menyelenggarakan seminar nasional dengan tema  “Perpustakaan dalam Genggaman Jari Anda: Teknologi Pengelolaan Pengetahuan untuk Perpustakaan Masa Depan” pada tanggal 24 – 25 November 2016 bertempat di ruang Audio Visual lantai 2 Gedung Moh. Hatta Perpustakaan dan Museum, Universitas Islam Indonesia.

Acara diawali dengan laporan kegiatan seminar nasional oleh Direktur Direktorat Perpustakaan UII, Joko S. Prianto, SIP., M.Hum. Dalam laporan kegiatan tersebut, Joko S. Prianto, SIP., M.Hum menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakan seminar nasional  serta jumlah peserta da nasal peserta dari berbagai instansi di Indonesia, baik dari jawa maupun luar pulau jawa.

Seminar Nasional dibuka oleh Dr-Ing Ir. Ilya Fajar Maharika, MA., IAI Wakil Rektor I Universitas Islam Indonesia. Dalam sambutannya Wakil Rektor I menyampaikan tentang perkembangan teknologi pada saat ini. Peran teknologi bagi pengembangan perpustakaan sudah harus mendapatkan prioritas, karena perpustakaan sebagai center of knowledge.

Hari pertama 24 Oktober 2016 seminar nasional diisi oleh dua orang nara sumber. Nara sumber sesi pertama adalah Drs. Ida Fajar Prianto, MA., Ph.D pakar dari UGM yang mengangkat tema “Perubahan Proses Bisnis Perpustakaan Masa Depan”. Nara sumber sesi kedua Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D. Beliau adalah Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII memaparkan tentang “Teknologi Data untuk Pengelolaan Pengetahuan”. Setelah dua sesi tersebut selesai dilanjutkan dengan presentasi Call for Paper sebanyak empat peserta yang sudah terseleksi dan tema yang disampaikan adalah kekinian tentang kepustakawanan yang sangat menarik untuk didiskusikan.

Hari kedua, 25 November 2016 seminar nasional  dilanjutkan  dengan sesi ketiga yang menghadirkan nara sumber Pakar Telematika dan Mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga yaitu KRMT. Roy Suryo. Beliau menangkat tema tentang “Multimedia Perpustakaan Masa Depan”. Setelah sesi tiga selesai dilanjutkan dengan presentasi Call for Paper sebanyak empat orang yang telah terseleksi. Call for Paper akan disusun menjadi prosiding. Konten prosiding juga akan ditambahi makalah seminar dari tiga narasumber tersebut.

Foto bersama peserta Semnas2016Setelah acara seminar selesai dilanjutkan adventure lava tour Merapi mengelilingi kaki gunung merapi dengan mengendarai jeep terbuka bagi peserta yang sudah mendaftar lava tour tersebut. Seminar Nasional ini dihadiri oleh ± 70 orang peserta berasal dari pulau jawa dan luar pulau jawa dari beberapa instansi pemerintah, perguruan tinggi negeri maupun swasta, mahasiswa, dosen, guru, pustakawan dan pemerhati perpustakaan.

Kegiatan seminar nasional ini diselenggarakan dalam rangka membangun paradigma baru para pustakawan, para pengambil kebijakan di Perguruan Tinngi, para Dosen dan Guru, para pemerhati perpustakaan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat pengelolaan ilmu pengetahuan. Perpustakaan harus menyediakan akses informasi yang dapat diakses jarak jauh, tak terbatas ruang dan waktu. Kegiatan seminar nasional ini bertujuan mengajak para Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi, Pustakawan, Dosen, Pemerhati Perpustakaan, Mahasiswa dan Masyarakat umum yang mempunyai ketertarikan terhadap perpustakaan, untuk mendiskusikan paradigma baru bahwa perpustakaan bukan sekedar sebagai tempat pemyimpanan dan peminjaman koleksi tetapi perlu berproses menjadi pusat knowledge management.

(Neneng Asaniyah, S.I.Pust/Pustakawan UII)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *