Kunjungan Studi Perpustakaan Universitas Jendral Achmad Yani Ke Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dkunjungan UNJANI 25irektorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (DP UII) menerima kunjungan dari Perpustakaan Universitas Jendral Achmad Yani (UNJANI) Bandung pada hari Jum’at, 19 Agustus 2016 pukul 13.30 wib. – selesai. Kunjungan ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pengelolaan perpustakaan. Peserta yang berjumlah 20 (dua puluh) orang dibagi dalam 6 (enam) kelompok yaitu:

  1. Kelompok sistem dan alih media                                        (4 orang)
  2. Kelompok Fungsional Pustakawan                                     (2 orang)
  3. Kelompok Layanan Pengguna                                              (4 orang)
  4. Kelompok Pengolahan Koleksi Cetak                                  (4 orang)
  5. Kelompok Pengolahan Koleksi Elektronik                         (4 orang)
  6. Kelompok Kebijakan Institusi terhadap Perpustakaan   (2 orang)

Peserta studi banding diterima di Ruang Sidang lantai 2 oleh Direktur dan Kepala Divisi di lingkungan DP UII. Pada kesempatan ini Direktur menyampaikan selamat datang, rasa bahagia dan bangga karena kedatangan tamu dari Perpustakaan UNJANI Bandung. Untuk mengawali sambutan Joko Sugeng Prianto, SIP.,M.Hum selaku Direktur memperkenalkan lima Kepala Divisi yang ada di lingkungan DP UII. Perwakilan dari Rombongan Perpustakaan UNJANI menyatakan “terpana” melihat DP UII dan tujuan kunjungan ini untuk mencari ilmu dan pengalaman dari DP UII.

Usainya sambutan dilanjutkan pemutaran profil DP UII dan presentasi oleh Direktur DP UII. Pemutaran profil DP UII dan presentasi menjadi sajian yang menarik bagi peserta kunjungan. Mereka sangat antusias menyimak dan memperhatikan tayangan profil dan presentasi tersebut. Berakhirnya presentasi dilanjutkan diskusi dan tanya jawab tentang digitalisasi koleksi, jabatan fungsional pustakawan, layanan, pengolahan koleksi cetak dan elektronik, repository, jurnal terpadu, kebijakan-kebijakan institusi/pimpinan terhadap pengembangan perpustakaan.

Setelah acara diskusi dan tanya jawab dilanjutkan dengan library tour ke divisi-divisi yang ada di Direktorat Perpustakaan UII. Adapun divisi yang dikunjungi adalah divisi pelayanan pemakai, divisi pelayanan teknis dan divisi informasi teknologi dan jaringan. Di divisi pelayanan pemakai dikenalkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan kepada pemustaka, serta sarana prasarana yang digunakan dan melihat koleksi yang ada. Selanjutnya di divisi informasi teknologi dan jaringan, rombongan melihat bagaimana pemustaka mengakses informasi secara online melalui jaringan intranet dan internet koleksi digital di Direktorat Perpustakaan. Koleksi tersebut antara lain, e-jounal, e-book dan tugas akhir mahasiswa (e-TA) yang telah diupload.

Library tour rombongan Perpustakaan UNJANI diakhiri dengan kunjungan ke museum UII dan candi Kimpulan yang berada di Gedung Mohammad Hatta DP UII. Semoga kunjungan ini dapat berlanjut dalam bentuk kerja sama baik secara formal maupun informal bagi kemajuan DP UII dan masyarakat pada umumnya. (Bambang Hermawan/ Pustakawan UII)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *