Literasi Informasi Dalam Stadium General Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2016/2017 Lingkungan Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

20160830_110043 Penerimaan mahasiswa baru TA 2016/2017 di Universitas Islam Indonesia telah selesai dilaksanakan. Penyambutan mahasiswa baru sebagai generasi penerus cita-cita bangsa di kampus UII terus dilakukan. Berbagai macam kegiatan diselenggarakan baik di tingkat universitas, fakultas, program studi dan lembaga ataupun unit di lingkungan UII.

Direktorat Perpustakaan UII sebagai salah satu unit penunjang akademik turut serta menyambut kedatangan mahasiswa-mahasiswi baru TA 2016/2017 dengan melakukan kegiatan “Literasi Informasi”.  Pada tahun sebelumnya Direktorat Perpustakaan UII menyelenggarakan kegiatan literasi informasi ini secara mandiri di Direktorat Perpustakaan. Tetapi pada waktu itu respon dari mahasiswa kurang menggembirakan. Hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta yang hadir pada acara tersebut. Banyak yang sudah mendaftar tetapi mereka tidak bisa hadir. Hal ini salah satunya disebabkan karena waktu pelaksanaan kegiatan pendidikan pemakai bersamaan dengan jadwal kuliah mahasiswa baru, sehingga mereka mengutamakan kuliah daripada mengikuti kegiatan pendidikan pemakai.

Padahal sebenarnya literasi informasi merupakan kegiatan yang sangat penting bagi mahasiswa baru. Literasi informasi diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan informasi atau pengenalan tentang Direktorat Perpustakaan kepada pemakai atau pemustaka. Banyak hal yang perlu diketahui oleh mahasiswa baru tentang perpustakaan, mulai dari syarat keanggotaan, peraturan atau tata tertib pengunjung, jenis layanan, peraturan peminjaman, jenis koleksi, sanksi, penelusuran koleksi cetak maupun digital dan sebagainya.

Tahun Akademik 2016/2017 ini, Direktorat Perpustakaan UII melakukan terobosan baru dengan jemput bola. Tim Pendidikan Pemakai DP UII mengajukan surat permohonan kepada Ketua Prodi di lingkungan kampus terpadu untuk mengagendakan acara “Literasi Informasi” dalam acara Studium General di masing-masing Prodi.  Alhamdulillah hal ini dapat terlaksana dengan baik berkat kerja sama antara Tim Stadium General dari masing-masing Program Studi di lingkungan kampus terpadu dengan Tim Pendidikan Pemakai Direktorat Perpustakaan UII.

Tim Pendidikan Pemakai Direktorat Perpustakaan UII dibagi dalam 3 (tiga) kelompok. Masing-masing kelompok bertugas sesuai jadwal yang sudah diatur oleh Tim Studium General dari masing-masing Prodi. Tugas Tim Pendidikan Pemakai diantaranya menjadi pemateri untuk mengenalkan Direktorat Perpustakaan kepada mahasiswa baru yang melliputi sosialisasi peraturan dan tertib, syarat keanggotaan, jenis-jenis layanan, jenis-jenis koleksi, penempatan koleksi, cara penelusuran, pengurusan surat bebas perpustakaan, dan sebagainya. Pada kesempatan ini dibagikan leaflet dan doorprice bagi mahasiswa yang bertanya dan bisa menjawab pertanyaan dari pemateri. Alhamdulillah respon dari semua Program Studi dan  mahasiswa baru sangat baik. Semoga kegiatan literasi informasi ini bisa berkelanjutan dan menjadikan Direktorat Perpustakaan benar-benar bisa sebagai mitra bagi civitas akademika Universitas Islam Indonesia dalam mencari ilmu dan informasi. (Suharti/Pustakawan UII)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *