PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB) UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA STUDI BANDING KE DIREKTORAT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Perkembangan teknologi informasi (TI) merambah di segala sektor termasuk Perpustakaan dengan perkembangan sistem pelayanan menggunakan sarana TI untuk meningkatkan kecepatan dan keakuratan, serta kepuasan pemustaka. Berbagai macam software dan hardware untuk perpustakaan diciptakan, salah satunya teknologi RFID (Radio Frequency Identification). Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (DP UII) salah satu perpustakaan yang memanfaatkan teknologi RFID tersebut.

RFID (Radio Frequency Identification) atau Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFID berisi informasi yang disimpan secara elektronik dan dapat dibaca hingga beberapa meter jauhnya (https://id.wikipedia.org).

Berkaitan dengan pemanfaatan RFID tersebut, rombongan dari Pusat Sumber Belajar (PSB) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta mengadakan studi banding observasi teknologi RFID di DP UII pada hari Kamis 16 Juni 2016, pukul 09.00 s.d. selesai. Rombongan berjumlah 4 orang terdiri dari: Kepala Pusat Sumber Belajar (Tedy Setiadi, M.T.); Koordinator BISKOM (Arif Rahman , M.T); Koordinator Ruang Literasi (Zulfa Erlin SIP); Koordinator PSB Kampus 2 (Gretha Prestisia, M.IP). Rombongan diterima oleh Direktur dan 4 Kadiv DP UII dan 1 staf pelayanan teknis di ruang Sidang lantai II Gedung Moh. Hatta Perpustakaan dan Museum.

Acara diawali dengan pemutaran profil film Direktorat Perpustakaan UII dan dilanjutkan dengan diskusi. Dalam diskusi muncul pertanyaan tentang implementasi pemanfaatan RFID untuk pelayanan pemakai maupun pelayanan teknis, sarana prasarana perpustakaan, teknologi informasi yang dipakai DP UII, alih bentuk (digitalisasi) koleksi dan sistem manajemen pengadaan koleksi. Acara diakhiri dengan library tour rombongan tamu mengunjungi konter pelayanan pemakai, e-library, pelayanan teknis, dan ruang digitalisasi (alih bentuk) koleksi.

(Joko Sugeng Prianto/ Direktorat Perpustakaan UII)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *