Workshop Reorganisasi Universitas Islam Indonesia

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

cover-berita-reorganisasi-800x500DIREKTORAT PERPUSTAKAAN UII, SABTU 05 MARET 2016 – “Close The Libraries And Buy Everyone An Amazon Kindle Unlimited Subscription” jargon tersebut merupakan cambuk dan tantangan untuk perpustakaan jangan sampai perpustakaan ditutup gara-gara tidak dapat beradaptasi dengan kebutuhan pemakai, sehingga pemakai beralih ke penyedia informasi lain” disampaikan oleh Wakil Rektor I Universitas Islam Indonesia (UII) Dr. Ing. Ir. Ilya Fajar Maharika, MA., IAI. dalam acara Workshop Reorganisasi Universitas Islam Indonesia, pada Sabtu 5 Maret 2016 di ruang Audio Visual, Direktorat Perpustakaan lantai II, kampus terpadu UII jalan kaliurang km 14,5 Yogyakarta.
Workshop berlangsung dari 08.00 s.d. 12.30 WIB, dibagi menjadi dua sesi, narasumber pertama Dr. Ing. Ir. Ilya Fajar Maharika, MA., IAI. menyampaikan konsep Arah dan Kebijakan Redesign UII. Lebih lanjut WR I menyampaikan bahwa, “Re-design UII bertujuan untuk merubah hal yang lebih baru dan lebih baik lagi, memang tantangannya lebih berat dari pada mendirikan organisasi baru”. Ilya juga menyitir cuplikan pidato salah satu founding father UII yaitu Moh. Hatta bahwa, “Pendirian UII ini diharapkan dapat menjadi tempat bertemunya agama (religion) dan ilmu (science) dalam kerjasama yang baik untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat”. Bertemunya agama dan ilmu pengetahuan ini diyakini merupakan kondisi untuk tercapainya visi UII sebagai rahmatan lil ‘alamiin. WR I memberikan semangat kepada semua peserta untuk mewujudkan visi luhur UII tersebut dengan mempersiapkan diri untuk selalu meningkatkan skill dan motivasi dalam berkarya. Dalam sesi ini juga disinggung berbagai aspek, seperti tantangan baru universitas, Lansekap global dan baru bagi universitas, student centred & flexible learning, quality culture, knowledge as asset danknowledge management center.
Narasumber ke dua Dr. Dra. Trias Setiyawati, MSi. dosen Fakultas Ekonomi UII menyampaikan perihal Re-organisasi Universitas Islam Indonesia. Berkaitan dengan restrukturisasi organisasi, Trias menyampaikan tujuan restrukturisasi paling tidak ada tiga yaitu, ideologis penataan kembali organisasi UII untuk mempercepat pencapaian visi UII, ekonomis penataan kembali organisasi UII untuk mencapai efektifitas dan efisiensi organisasi, serta manajerial agar secara eksternal organisasi UII lebih fleksibel dalam merespon perubahan global dan mempercepat proses pengambilan keputusan internal. Narasumber ke dua ini juga membahas business model UII, strategy korporat, reward system, dan knowledge management.
Dalam sambutan pembukaan workshop Direktur Perpustakaan berharap agar workshop Reorganisasi UII ini dapat menambah wawasan pengetahuan, serta mengerti dan memahami rencana pengembangan organisasi UII ke depan, sehingga peserta dapat gamblang dan siap dalam menghadapi perubahan, dengan selalu meningkatkan keahlian yang dibutuhkan untuk beradaptasi dan melaksanakan tugas-tugas ke depan. Menyitir pendapat Mario Teguh “Perubahan tidak selalu sesuai dengan yang Anda inginkan, tapi perubahan adalah yang Anda butuhkan”.
Peserta workshop terdiri dari Pustakawan dan tenaga kependidikan yang bekerja di seluruh perpustakaan UII, hadir sekitar 40 orang. (Joko SP/ Pustakawan UII)
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *